
AMIK PGRI Kebumen merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh
Yayasan Pendidikan Tinggi – Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Persatuan Guru
Republik Indonesia (YPT-YPLP PGRI) dengan Akte Notaris Nurhadi Darussalam di
Kebumen Nomor 5 tanggal 19 Mei 1993.
AMIK PGRI Kebumen memiliki 1 (satu) program studi yakni
Manajemen Informatika. Program studi Manajemen Informatika` berstatus Terdaftar
pada Departemen P & K Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No. 29/D/O/1994
tanggal 18 September 1994.
Di
dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tercermin makna yang melambangkan cita
–cita kemerdekaan bangsa indonesia, yaitu upaya memajukan kesejahteraan umum,
upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang
bedasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, serta keadilan sosial. Oleh karena
itu di dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 yang menyebutkan bahwa:
1. Tiap
warga negara berhak mendapat pengajaran
2. Pemerintah
telah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran yang di atur di
dalam undang-undang.
Untuk mewujudkan
penyesuaian dengan perkembangan dan kemajuan dewasa ini yang tidak akan terlepas
dari kecenderungan global untuk masa yang akan datang, yaitu antara lain
berorientasi terhadap penguasaan dan pengembngan ilmu pengetahuan dan Teknologi
(IPTEK), maka di tetapkanlah Undang-Undang No. 2 Tahun 1989. Lahirnya
Undang-Undang No 2 Tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan
Pemerintah Nomor 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi. Di dalam PP30 tahun
1990 disebutkan bahwa tujuan pendidikan tinggi adalah :
1) Menyiapkan
peserta didik menjadi anggot masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan /
atau profrsional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan / atau menciptakan
ilmu pengetahuan, teknologi dan / atau kesenian.
2) Mengembangkan
dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/ atau kesenian serta
pengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan tarif hidup masyarakat dan
memperkaya kebudayaan nasional.
Selanjutnya apabila kita memperhatikan
Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional
mengisyaratkan beberapa kebijaksanaan antara lain sebagai berikut:
1) Pendidikan
Nasional adalah pendidikan yang berakar pada kebudayaan bangsa dan yang
berdasarkan pada pancasila dan Undang-Undang 1845.
2) Sistem
pendidikan nasional adalah suatu keseluruhan yang terpadu dari semua satuan dan
kegiatan pendidikan yang berkaitan satu dengan lainnya unruk mengusahakan
tercapainya tujuan Pendidikan Nasional.
3) Pendidikan
nasional bersifat terbuka dan memberikan keleluasan gerak kepada peserta didik
/ mahasiswa, yang memungkinkan pindah dari jalur pendidkan lain.
4) Masyarakat
sebagai mitra Pemerintah berkesempatan seluas-luasnya untuk berperan serta
dalam menyelenggarakan pendidikan nasional, yaitu antara lain mendirikan
perguruan tinggi swasta.
5) Satuan
pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan disebut perguruan tinggi,
dan yang dapat berbentuk Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Instutut atau Universitas.
Berdasarkan
kebijakan-kebijakan tersebut, pemerintah memberikan kesempatan yang lebih luas
mengenai perkembangan perguruan tinggi di Indonesia baik Negeri maupun swasta,
baik mendirikan perguruan tinggi baru maupun menambah program baru pada
perguruan tinggi yan sudah ada, serta merubah bentuk suat perguruan tinggi,
maka diperlukn pengaturan dalam persyaratan yang diperlukan yang dalam hal ini
dituangkan dalam suatu keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia Nomor 0686/U/1992.
Dengan demikian
undang-undang dan peraturan tersebut mengisyratkan bahwa lahirnya perguruan
tinggi baru merupakan suatu kebutuhan. Dengan terbatasnya kemampuan pemerintah
membuka dan mengembangkan perguruan tinggi, maka swasta / masyarakat perlu
berpatisipasi dan berpeluang dalam membuka / mengembangkan perguruan tinngi
yang sudah ada. Atas dasar inilah maka Yayasan pembina Lembaga Pendidikan (YPP)
PGRI Perwakilan Kabupaten Kebumen akan membuka perguruan tinggi yaitu Akademi Manajemen Informatika & Komputer
(AMIK) di kebumen. Dengan pendirian akademi ini yayasan berharap akan dapat
membantu peningkatan sumber –daya manusia untuk usaha pembangunan lewat
pendidikan tinggi.
Dalam peningkatan usaha
pebangunan di berbagai bidan sangat diperlukan adanya tenaga pembangunan yang
terampi dan mampu dalam mengahdapi masalah serta tantangan. 0leh karena itu
mutlak diperlukan pemanfaatan teknologi yang handal khususnya pemakaian layanan
jasa komputer demi kecanggihan informasi. Untuk menumbuhkan sumber daya manusia
yang berkemampuan / profesional hanya melalui pendidikan. Namun, adanya
peningkatan yang cukup besar dari lulusan SMTA di Jawa Tngah dan bahkan terjadi
pada hampir seluruh Indonesia ternyata menumbukan berbagai permasalahan bagi
pemerintah, swasta linhkungan maupun masyarakat. Mereka masih memerlukan
tambahan ilmu dan peengetahun dalam menghadapi tantangan hiduonya. Di samping
itu perlu mendapat pembelan yang cukup sebagai bekal membangun lingkungannya.
Untuk memiliki kemampuan, pengetahuan serta keterampilan yang sama dengan
kebutuhan masyarakat sangat tergantung kepada jenis pendidikan yang tetsedia
dalam masyarakat. Untuk mengantisipasi besarnya kesadaran masyarakat di bidabf
pendidukan, semua dengan perwujudan dari amanat pembukaan UUD 1945, tentan
upaya mencerdaskan bangsa, diperlukan lembaga pendidikan tinggi yang mampu
menampung minat / keinginan para lulusan SMTA dan jenis lapangan kerja di
masyarakat termasuk dalam bidang yang sekarang sedang banyak dimanfaatkan oleh
masyarakat yaitu komputer.
Kontribusi demikian
memberikan konsukuensi terhadap semakin kompleksnya seluruh Sistem Pendidikan
Nasional. Usaha peningkatan dan atau penambahan baik prasarana maupun sarana
sebagai salah satu sektor utama guna menunjang kearah keberhasilan pengembangan
dan pembinaan pendidikan merupakan aspek-aspek yang perlu mendapat perhatian
sepenuhnya upaya unuk memperoleh hasil optimal dalam sektor pengembangan dan
pembinaan pendidikan nasional, khususnya sub sektor perguruan tinggi nasional
lebih banyak dilakukan, kendati masih banyak berfokus pada bidang-bidang
tertentu, namun dapat dipandang sebagai suatu kemajuan yang cukup
menggembirakan, disamping tidak sedikit hambatan-hambatan yang dipimpin dalam
mencapai tujuan tersebut. Bertolak dari keadaan yang ada sekarang serta
memperhatikan kecenderungan di masa mendatang, perlu dilakukan suatu tindakan
untuk megarahkan serta memanfaatkan potensi lulusan SLTA untuk menjadi tenaga
ahli tertentu.
Dewasa ini
tenaga-tenaga terampil/ profesional sangat dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan
tenaga pembangunan diberbagai bidang. Kebutuhan akan informatika secara cepat
dan tepat sangat besar yang meliputi berbagai segi sehingga mutlak dibutuhkan
pemanfaatan teknologi canggih (IPTEK) khususnya pemakaian layanan jasa komputer
demi kehandalan suatu sistem informasi yang disajikan dapat dipastikan mutu
pelayanan terhadap sesuatu akan sangat baik dan unggul kepada kepentingan
masyarakat atau pemakai jasa (konsumen).
Dalam masa pembangunan
yaitu memasuki masa tinggal landas dan makin terasa akan di butuhkan tenaga
ahli yang profesional dalam bidang masing-masing. Pembangunan membutuhkan
informasi dan kemampuan analisis yang tepat. Untuk itu agr penggunaan dana
sesuai dengan program yang telah direncanakan, diperlukan ahli yang mampu
menangani dalam bdang itu profesi yang paling tepat untuk itu adalah bidang
profesi komputer. Kebutuhan akan tenaga profesional dalam bidang komputer itu
tidak hanya instansi pemerintah, saja tetapi juga untuk perusahaan swasta.
Komputer sebagai alat
bantu dalam menyajikan informasi yang tepat, cepat, akurat, serta sangat handal
merupakan jawaban terhadap persoalan tersebut. Seiring dengan perkembangan
teknologi sekarang ini sangat diperlukan adanya informasi yang mempunyai
tingkat kecepatan dan keterhandalan yang tinggi. Untuk itu YPLP PGRI Perwakilan
Kebumen merasa terpanggil untuk memperhatikan adanya berbagai permasalahan
tersebut, maka memandang sangat perlu mendirikan Akademi Manajemen Informatika
& Komputer (AMIK) PGRI di Kebumen dengan jurusan manajemen informatika
komputer program Diploma (DIII).
Kemajuan dibidang
industri, jasa maupun bidang pendidikan serta semua aspek kehidupan sangat
memerlukan adanya usaha pemecahan dan informasi terhadap data secara cepat,
tepat dan mantap dan penanganan masalah penggunaan dana yang efektif dan
efisien. Semua Lembaga, dinas instansi membutuhkan profesi tersebut bahkan
secara umum setiap perusahaan atau lembaga membutuhkan , dan kebutuhan akan hal
tersebut semaki hari semakin di rasakan pentingnya. Sehingga tuntutan kebutuhan
akan profesi tersebut sangat mendesak.
Dengan uraian tersebut
tampak bahwa tenaga-tenaga profesional dalam menangani masalah akutansi tidak
dapat di tunda-tunda lagi. Untuk mengatasi langkahnya tenaga-tenaga yang ahli
di bidang tersebut perlu ada lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan.
Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) PGRI di Kebumen sangat
tepat untuk didirikan dengan jurusan tersebut. Dengan didirikannya AMIK PGRI di
Kebumen diharapkan akan mampu menjawab tatntangan kebutuhan tenaga di bidang
manajemen informatika dan teknik informatika. Maka usaha dari YPLP PGRI
Perwakilan Kebumen untuk mendirikan AMIK PGRI di Kebumen akan dapat membantu mengatasi
permasalahan tersebut di atas.
Dengan didirikannya
AMIK PGRI di Kebumen dengan jurusan manajemen informatika komputer program DII
dimaksudkan sebagai jawaban dalam rangka mencetak tenaga-tenaga profesional
yang siap pakai , trampil dan siap mandiri serta mampu memanfaatkan teknologi (IPTEK)
khususnya dalam bidang penanganan perangkat lunak (software) komputer serta
penanganan perencanaan keuanga dalam pembangunan, guna menyongsong era
komputerisasi dalam keuangan pembangunan dalam menghadapi berbagai bidang
maupun kebutuhan.
Disamping itu
diharapkan mampu menjadi enovator yang dapat menciptakan trobosan-trobosan baru
yang sangat dibutuhkan dalam dunia manajemen informatika demi meningkatkan
kualitas yang lebih efektif, efisien dan berhasil guna dalam berbagai segi
usaha baik sektor formal maupun non formal.
Bidang binaan manajemen
informatika komputer dan teknik informatika merupakan hal yang baru mengingat
di Jawa Tenagah belum banyak akademi/ sekolah tinggi yang sejenis yang
menangani jurusan tersebut, sehingga kehadirannya di kota Kebumen atau di Jawa
Tengah ini sangat di harapkan teruteme oleh berbagai kalangan calon konsumen
pemakai jasa komputer. Dengan kata lain latar belakang perlunya dibuka AMIK
jurusan manajemen informatika & komputer khususnya di kota Kebumen sangat
di butuhkan terutama untuk masa kini dan masa-masa yang akan datang. Hal ini
mengingat masih langka dan terbatasnya tenaga yang ada. Bursa tenaga kerja
diberbagai dinas/ lembaga keuangan dan perbankan, lembaga Pendidikan serta
lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta serta sektor-sektor perusahaan dalam
berbagai usaha masih sulit mendapatkan tenaga kerja yang siap pakai dan siap
mandiri tanpa harus memberi latihan-latihan yang sering memakan waktu, terlebih
dalam penanganan dan pengamanan komputer (Software) dalam mengolah keungan.
Kondisi
di Indonesia saat ini dan yang akan datang memberikan petunjuk akan kebutuhan
tenaga profesional di bidang komputer terus meningkat padahal perguruan tinggi
yang menangani masalah ini belum banyak sehingga kebutuhan tenaga profesional
dalam bidang komputer sulit untuk dapat terpenuhi. Dengan demikian tampak jelas
akan besarnya kebutuhan tenaga yang profesional di bidang manajemen informatika
komputer. Atas dasar kenyataan tersebut, maka Akademi Manajemen Informatika
& Komputer (AMIK) PGRI dapat menciptakan lulusan sebagai tenaga profesional
yang siap pakai dan mandiri sebagai diharapkan oleh lembaga-lembaga pemakai
jasa komputer yang memang lembaga tersebut mempunyai jiwa inovatif dalam
menangani pengembangan jurusan tersebut.
2. TUJUAN
Tujuan pendirian
Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) PGRI di Kebumen dengan
jurusan manajemen informatika program Diploma III adalah :
a.
Memenuhi kebutuhan dan tuntutan
pembangunan di bidang akutansi terutama dalam menghadapi pembangunan yang
banyak penggunaan dana dan perkembangan teknologi (IPTEK) serta perkembangan di
bidang komputerisasi di berbagai lembaga , instansi, perusahaan-perusahaan
serta perbangkan .
b.
Membuka kesempatan dan peluang yang peluang yang lebih luas bagi lulusan SMTA
yang belum tertampung di perguruan tinggi negri/swasta serta kedinasan.
c.
Mendidik para lulusan SMTA untuk menjadi
tenaga ahli pratama, ahli muda, dan ahli madya dalam bidang manajemen
informatika & komputer.
d.
Memungkinkan untuk menyelenggarakan
program pendidikan dan latihan bagi para tenaga-tenaga muda di berbagai
instansi dan lembaga di daerah kepresidenan Kedu Magelang khususnya dan Jawa
Tengah umumnya yang belum menguasai masalah manajemen informatika &
komputer.
Sedangkan tujuan
dilaksanakannya studi kelayakan adalah :
a.
Mengidentifikasi latar belakang
peermasalahan dan hasil yang di harapkan dari pendirian akademi dalam rangka
menunjang program pendidikan tinggi.
b.
Mengungkap dan menyajikan dukungan yang
berupa :
1.
Dukungan teknis berupa prasarana ,
sarana dan tenaga yang tersedia sesuai dengan bidang keahlian untuk
menyelenggarakan kegiatan akademis dan
administratif.
2.
Dukungan yang berupa kemampuan keuangan
yang tersedia dan yang dapat di galih untuk menunjang penyelenggaraan kegiatan
akademik.
3.
Dukungan sosial berupa kesiapan
masyarakat dalam menerima kehadiran AMIK PGRI Kebumen jurusan manajemen
informatika Program Diploma III, yang berwujud dukungan sosial kebutuhan dan
minat masyarakat untuk menuntut ilmu pada bidang studi yang di sediakan dan
adanya kebutuhan akan lulusan.
c.
Mengantisipasi ke masa depan mengenai
pengembangan jurusan baru di perguruan tinggi/Akademi yang sudah didirikan dan
kaitannya dengan masalah pendidikan dan pembangunan di bidang yang di
kembangakan akademi yang bersangkutan.
d.
Menyajikan beberapa sarana pengelolaan
agar dapat di laksanakan secara terpadu dan menyeluruh dalam menyelesaikan
permasalahan yang ada.
|